Pages

Subscribe:

Rabu, 28 Mei 2014

RENUNGAN PAGI


Terasa muda kembali, jika melihat segerombolan anak kecil bermain di lapangan sekolah mereka untuk berolahraga. Mereka tak peduli ocehan gurunya, tak peduli gerakan-gerakan yang dilakukan gurunya. Yang mereka tahu hanyalah olahraga di lapangan adalah perpanjangan waktu bermain sebelum istirahat.
Wajah-wajah polos mereka cenderung membuat para guru enggan mengusik keasyikan mereka. Aku tersenyum kecil kala melihat ada salah satu dari mereka datang membawa jajanan dan oleh si guru hanya dinasehati untuk tidak jajan di waktu olahraga. Alasan bocah kecil itupun lugu sekali, haus katanya.
Begitulah anak-anak. Ceria dan apa adanya. Menikmati setiap langkah yang mereka jalani, tanpa mau tahu apakah mereka berbuat salah. Berbeda dengan kita yang sudah dewasa. Setiap bertindak, memerlukan usaha keras untuk yakin bahwa keputusan yang diambil adalah benar. Terkadang bahkan kita harus bersujud untuk meyakinkan bahwa itu pilihan tepat.
Apa harus disesali jika kita terlalu cepat dewasa? Tidak kawan. Anggap saja semua yang terjadi adalah proses. Kita sudah menikmati masanya. Ketika kita berleha-leha dengan waktu. Sekarang saatnya berkecimpung dengan dunia yang memberi banyak pelajaran bagi kita. Untuk menjadikan kita semua lebih baik lagi.